«

»

Agu 24

Cetak ini Pos

Apa yang dimaksud dengan : “PREDIKAT: MANDIRI, UTAMA, MADYA, DAN BINAAN”

berikut Penjelasannya:

PREDIKAT: MANDIRI, UTAMA, MADYA, DAN BINAAN

 

Perguruan tinggi dengan Predikat Mandiri merupakan perguruan tinggi yang mempunyai sumber daya penelitian yang sangat baik, telah menerapkan sistem penjaminan mutu dalam pengelolaan penelitian, produktivitas luaran penelitian yang sangat tinggi dengan reputasi internasional dan telah dimanfaatkan oleh stakeholder. Perguruan tinggi dengan predikat ini seharusnya mampu menghasilkan unit yang dapat menghasilkan revenue secara mandiri, misalnya memiliki unit bisnis dari produk intelektual perguruan tinggi.

 

Perguruan tinggi dengan Predikat Utama merupakan perguruan tinggi dengan sistem pengelolaan penelitian yang sudah baik, namun belum banyak menghasilkan luaran penelitian yang bereputasi internasional dan dapat dimanfaatkan stakeholder. Perguruan tinggi dengan predikat ini harus berupaya untuk meningkatkan pemanfaatan luaran penelitian dan mengembangkan unit bisnis yang berbasis produk intelektual.

Perguruan tinggi dengan Predikat Madya merupakan perguruan tinggi dengan sistem pengelolaan penelitian yang cukup baik dengan luaran penelitian yang belum banyak. Perguruan tinggi dengan predikat ini perlu meningkatkan kapasitasnya baik dari sisi sumber daya, pengelolaan, maupun luaran penelitian.

Perguruan tinggi dengan Predikat Binaan merupakan perguruan tinggi yang baru merintis pelaksanaan penelitian. Perguruan tinggi ini baru menata program-program penelitian dengan mempertimbangkan sumber daya penelitian yang dimiliki. Perguruan tinggi dengan predikat ini harus berupaya mengembangkan kapasitas penelitian agar mampu mengelola penelitian sehingga menghasilkan luaran penelitian yang baik.

Pengisian data kinerja penelitian akan menjadi database penelitian di perguruan tinggi yang lengkap dan dapat dimanfaatkan oleh perguruan tinggi untuk bahan evaluasi diri terkait dengan posisinya dalam peta kegiatan penelitian nasional. Dengan database tersebut perguruan tinggi dapat menentukan skala prioritas pengembangan penelitian di tahun berikutnya. Data ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pemetaan sumber daya penelitian, akreditasi institusi, sertifikasi laboratorium atau pusat-pusat, dan pengajuan pengakuan institusi dari lembaga internasional.

Sumber Penilaian Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi_simlitabmas

By_operator_simlitabmas_uppm_polnep

 

Tautan permanen menuju artikel ini: http://uppm.polnep.ac.id/?p=2061