PKM Polnep Pontianak beri pelatihan hadapi tes CPNS Minggu, 15 September 2019 15:59 WIB

PKM Polnep Pontianak beri pelatihan hadapi tes CPNS

Pontianak (ANTARA) – Unit Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Politeknik Negeri Pontianak melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang bekerjasama dengan Perhimpunan Mahasiswa Kabupaten Mempawah (Primakama) beri pelatihan hadapi tes CPNS.

“Pelatihan yang diikuti 40 peserta dan terbuka untuk umum yang digelar ini untuk mempersiapkan pembukaan CPNS 2019 yang rencananya dibuka pada Oktober 2019,” ujar Koordinator pelaksana, Sulaiman di Pontianak, Minggu.

Sulaiman menjelaskan dalam pelatihan pihaknya menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidang masing-masing untuk dibagikan kepada peserta baik berupa tips dan trik agar bisa lolos.

“Narasumber yang kita hadirkan ada tiga orang sebagaimana kebutuhan tes yang ada tiga bidang yakni bidang Tes lntelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP),” jelas dia.

Ia menyebutkan bahwa dalam mengisi tes diperlukan ketepatan dan kecepatan. Hal itu dilakukan agar mencapai ambang batas yang ditentukan.

“Untuk menjawab soal tes bukan hanya tepat yang diperhatikan namun kecepatan juga karena ada waktu pengerjaan soal. Jawaban harus benar dan sesuai waktu. Untuk itu tes ini penting agar peserta bisa mengatur waktu dan menjawab soal yang tepat karena sudah diberikan trik dan tips nya,” harap dia.

Sementara itu, narasumber tes CPNS, Heriyanto membocorkan sedikit tips umum apa yang perlu diketahui setiap calon CPNS.

Menurutnya untuk soal TIU, setiap calon yang ikut CPNS harus sering latihan karena metode yang dipelajari banyak. Dari soal tes yang ada polanya hampir mirip.

Sedangkan untuk TWK harus menguasai makna Pancasila dan Undang-Undang serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu peserta harus banyak baca.

Sedangkan untuk tes TKP, peserta harus mengubah pola pikir bahwa posisinya selaku ASN harus dituntut berintegritas, profesional dan mengutamakan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi.

“Untuk proses tes kita harus tulus, sabar dan pintar. Terus berusaha. Untuk strategi tentu punya masing-masing cara. Namun secara umum harus pahami materi tes,” kata dia.
Pewarta : Dedi
Editor : Andilala
COPYRIGHT © ANTARA

by.Operator-simlitabmas-polnep